P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

By Muh. Taqiuddin.S,S.Pd 13 Sep 2024, 06:58:07 WIB

Kegiatan P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SMPN 1 Anggeraja adalah sebuah program pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila melalui berbagai tema dan kegiatan. Program ini mengintegrasikan berbagai aspek pendidikan dengan fokus pada pengembangan karakter, keterampilan praktis, dan pemahaman nilai-nilai Pancasila. Berikut adalah rincian kegiatan P5 yang dilaksanakan di SMPN 1 Anggeraja:

Tema dan Kegiatan P5

  1. Tema: Bhineka Tunggal Ika

    Proyek: Pembuatan Miniatur Rumah Adat dan Tarian Adat

    • Deskripsi: Siswa bekerja dalam kelompok untuk membuat miniatur rumah adat dari berbagai suku dan budaya di Indonesia serta mempersiapkan tarian adat yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keragaman budaya dan pentingnya toleransi.

    • Kegiatan:

      • Penelitian tentang berbagai rumah adat dan tarian dari berbagai daerah di Indonesia.
      • Pembuatan miniatur rumah adat menggunakan bahan-bahan kreatif seperti kardus, kertas, dan cat.
      • Latihan dan penampilan tarian adat di depan kelas atau pada acara khusus.
    • Gelar Karya: Miniatur rumah adat dan tarian adat dipamerkan dan dilombakan dalam acara gelar karya. Siswa berkesempatan untuk menunjukkan hasil kerja mereka, berbagi pengetahuan tentang budaya, dan mendapatkan umpan balik dari juri dan pengunjung.

  2. Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan

    Proyek: Pembuatan Taman Kelas

    • Deskripsi: Siswa merancang dan membuat taman kecil di area kelas sebagai bagian dari proyek untuk mempromosikan gaya hidup berkelanjutan. Proyek ini bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya lingkungan hidup yang bersih dan cara-cara sederhana untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

    • Kegiatan:

      • Penelitian tentang tanaman yang cocok untuk taman kelas dan teknik berkebun berkelanjutan.
      • Perencanaan dan desain taman kelas, termasuk pemilihan lokasi, jenis tanaman, dan dekorasi.
      • Implementasi taman dengan menanam tanaman, merawat kebun, dan memantau pertumbuhannya.
    • Gelar Karya: Taman kelas yang telah dibuat dipamerkan dalam acara gelar karya, di mana siswa dapat menjelaskan proses pembuatan, manfaat dari taman, dan bagaimana taman tersebut mendukung gaya hidup berkelanjutan.

  3. Tema: Kewirausahaan

    Proyek: Pembuatan Makanan Khas untuk Dijual saat Pagelaran Karya

    • Deskripsi: Siswa mempelajari konsep kewirausahaan dengan membuat makanan khas dari daerah mereka atau dari berbagai daerah di Indonesia. Makanan ini dijual pada pagelaran karya sebagai bagian dari proyek kewirausahaan, yang bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang aspek bisnis dan pemasaran.

    • Kegiatan:

      • Penelitian dan pemilihan makanan khas yang akan diproduksi.
      • Persiapan resep, pengadaan bahan, dan proses pembuatan makanan.
      • Pemasaran dan penjualan makanan di pagelaran karya, termasuk merancang stand, membuat materi promosi, dan melayani pelanggan.
    • Gelar Karya: Makanan khas yang dibuat dipamerkan dan dijual selama acara pagelaran karya. Siswa mendapatkan kesempatan untuk menerapkan keterampilan kewirausahaan, belajar tentang manajemen bisnis, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Manfaat Program P5

  1. Pengembangan Keterampilan Praktis: Proyek-proyek P5 memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis, seperti kerajinan tangan, berkebun, dan kewirausahaan, yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila: Kegiatan ini memperdalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila, termasuk keragaman budaya, pelestarian lingkungan, dan semangat kewirausahaan.

  3. Peningkatan Kreativitas dan Inovasi: Proyek P5 mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan tugas, merancang produk, dan memecahkan masalah.

  4. Pengalaman Kolaborasi dan Kepemimpinan: Siswa bekerja dalam kelompok, yang membantu mereka mengembangkan keterampilan kolaborasi dan kepemimpinan. Ini juga memperkuat kemampuan mereka untuk bekerja sama dan mengelola proyek.

  5. Kesadaran Sosial dan Lingkungan: Proyek ini meningkatkan kesadaran siswa tentang isu-isu sosial dan lingkungan serta memberikan mereka alat untuk berkontribusi positif dalam komunitas mereka.

Pengelolaan Program

Kegiatan P5 di SMPN 1 Anggeraja dikelola oleh guru atau pembimbing yang merancang dan mengawasi proyek-proyek tersebut. Pembimbing menyediakan bimbingan, sumber daya, dan umpan balik kepada siswa sepanjang proyek. Gelar karya diadakan untuk menampilkan hasil dari proyek-proyek ini, melibatkan siswa, guru, orang tua, dan komunitas dalam merayakan pencapaian dan belajar dari pengalaman.

Dengan implementasi P5, SMPN 1 Anggeraja berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang holistik dan menyeluruh, mempersiapkan siswa untuk menjadi pelajar yang berwawasan luas, kreatif, dan berkarakter.



Principal

Kepala Sekolah
Rismawaty,S.Si.,M.Pd
Baca Sambutan

Tahun Pelajaran Baru 2024/2025 Tahun Pelajaran Baru 2024/2025